
Cara Melindungi Diri Dari Phishing Dan Malware Peretas dan penipu mencari cara untuk mencuri alamat email, kata sandi, detail kartu kredit, dan informasi sensitif lainnya.
Ciri-ciri phishing
Phishing adalah upaya penyerang untuk menipu Anda agar memberikan informasi sensitif dengan berpura-pura menjadi orang atau layanan yang Anda percayai (seperti Dropbox atau bank Anda).
Contoh serangan phishing
- Meminta Anda untuk membalas dengan nama pengguna/email di sertai kata sandi Anda
- Mengandung tautan ke halaman masuk palsu atau halaman setel ulang kata sandi
- Mengandung tautan untuk melihat atau mengunduh file dari seseorang yang tidak Anda kenal
- Menyebutkan peristiwa baru-baru ini, membujuk Anda dengan hadiah atau diskon, atau mengklaim ada alasan mendesak bagi Anda agar merespons atau mengklik tautan
- Tautan pada postingan atau komentar jejaring sosial yang mengarah ke halaman masuk palsu atau halaman setel ulang kata sandi
- Panggilan telepon, email, atau SMS yang sepertinya berasal dari seseorang yang Anda kenal agar Anda merespons atau mengklik tautan
Ciri-ciri malware dan virus
Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang coba di instal oleh peretas sehingga mereka dapat mencuri informasi Anda atau membahayakan file dan komputer Anda. Malware mencakup hal-hal seperti virus, adware, spyware, ransomware, trojan horse, dan worm.
Contoh serangan malware
- Mengunjungi situs web, melihat email, atau mengklik jendela sembulan yang menginstal perangkat lunak secara otomatis
- Email dan situs web palsu yang menyamar sebagai Dropbox atau sumber tepercaya lainnya
Cara mengetahui apakah email atau situs web merupakan email atau situs resmi
Untuk memastikan apakah email atau situs web yang Anda terima atau kunjungi resmi, pertama-tama periksa alamat email pengirim. Email resmi biasanya berasal dari domain yang sah, seperti @dropbox.com atau @gmail.com. Selanjutnya, pastikan URL situs web dimulai dengan https:// dan di ikuti oleh domain yang tepat (misalnya www.dropbox.com), serta adanya ikon gembok yang menunjukkan bahwa situs tersebut aman.
Cara melaporkan sesuatu yang mencurigakan
- Jika Anda menerima email yang mencurigakan, teruskan pesan lengkap ke abuse@dropbox.com.
- Jika Anda menerima tautan yang mencurigakan, kirim email ke abuse@dropbox.com lalu sertakan deskripsi tentang cara Anda menerima tautan dan URL lengkap tautan tersebut.
- Anda juga dapat menghubungi kami untuk mengajukan pertanyaan lain di abuse@dropbox.com—jika kami menemukan pelanggaran terhadap Kebijakan Penggunaan yang Dapat Diterima Dropbox (seperti phishing, malware, atau spam), kami akan segera mengambil tindakan.
Apa yang harus dilakukan jika perangkat Anda telah terinfeksi
Jika perangkat Anda terinfeksi, pertama putuskan koneksi internet untuk mencegah penyebaran. Jalankan pemindaian antivirus terbaru untuk menghapus malware. Pastikan perangkat lunak dan sistem operasi Anda di perbarui, lalu periksa dan hapus aplikasi mencurigakan. Ganti kata sandi akun penting dan, jika perlu, pulihkan data dari cadangan yang bersih. Jika masalah berlanjut, hubungi profesional keamanan siber untuk bantuan.
Kesimpulan
Cara Melindungi Diri Dari Phishing Dan Malware, pastikan untuk selalu memeriksa keaslian email dan situs web, hindari mengklik tautan atau lampiran yang mencurigakan, serta gunakan perangkat lunak antivirus yang terbaru. Selain itu, aktifkan verifikasi dua langkah untuk akun-akun penting dan selalu perbarui perangkat lunak dan sistem operasi Anda. Dengan waspada dan langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko terinfeksi dan menjaga data pribadi tetap aman.